Rooting Tabulet Beat Duos

Tabulet Beat Duos adalah salah satu tablet lokal yang dikeluarkan oleh brand TABULET, tidak seperti tablet keluaran TABULET yang lain, Tablulet Beat Duos dilengkapi dengan hardware dan OS yang handal. Dengan OS Android versi 4.0.3 atau yang disebut Ice Cream Sandwich, tablet ini bisa dikatakan tablet dengan kemampuan yang handal dimana ditunjang dengan Dual Core Scorpio A9 1.5 Ghz dan untuk urusan grafis dilengkapi dengan GPU Dual-core Mali 400 3D serta memori 1GB ROM dan RAM DDR3, 8GB Internal Storage. Kekurangannya hanya pada layar yang masih menggunakan TFT HD Capacitive bukan IPS tetapi sudah Anti Glare yang berfungsi  untuk melindungi layar, pelindung ini juga berfungsi untuk mencegah sinar matahari berbaur pada layar LCD. Secara detail spesifikasi dari Tabulet Beat Duos  sebagai berikut :

  • Processor Dual core Scorpio MX up to 1.5 Ghz
  • GPU Dual-core Mali 400 3D
  • No Phone Service
  • Dimensi 195 x 112 x 8 mm
  • Berat 295 grams
  • Layar 7 inchi HD with Anti Glare Technology
  • Resolusi 1024 x 600 Touch Panel
  • Capacitive with 5 Points Touch
  • OS Android 4.0 Ice Cream Sandwich
  • Memori 1GB ROM dan RAM DDR3, 8GB Internal Storage
  • Wifi
  • Suport 3G, External Modem Optional
  • HDMI Port
  • USB OTG
  • Camera VGA
  • High Definition video player
  • Baterai 3200 mAh
  • suport SD card

Info dari Situs resmi : disini

Setelah saya melakukan googling ternyata produk ini bisa dikatakan mirip dengan  produk dari Ramos Miumiu yaitu tablet Ramos W17Pro tetapi perbedaan dengan tabulet beat duos adalah besar memori external,  dimana pada Ramos W17Pro adalah 16 GB sedang Tabulet Beat Duos adalah 8GB. Prosessor Dual Core Scorpio A9 1.5Ghz adalah prosessor keluaran AMLOGIC dengan tipe Amlogic AML8726-MX.

Dari hasil review saya Tabulet Beat Duos secara penampilan sangat baik tipis dan tidak terlalu berat serta layar tidak terlalu besar pas untuk yang mobilitas tinggi. Game dengan kualitas HD  seperti Dungeon Hunter HD, SiegeCraft THD, GTA 3 THD  dan Riptide GP THD menurut situs resminya berjalan lancara. Kekurangan terletak pada komsumsi power yang bisa dikatakan sedikit boros pada saat menggunakan aplikasi-aplikasi berat,  tetapi masih dalam hal yang wajar untuk kelas dual prosessor.  Pada paket penjuakan saya mendapatkan lather case , adaptor , kabel data serta kabel hdmi+usb.

Tabulet Beat Duos saya sudah saya update firmwarenya dengan menggunakan firmware dari Ramos W17Pro jadi hal ini menunjukkan bahwa kedua tablet ini sama ;-) tetapi ini tidak saya anjurkan bagi yang belum berpengalaman karena akan menghilangkan garansi resmi dan resiko ditanggu sendiri ;-) jika terjadi kegagalan dalam melakukan update firmware. Dari kualitas suara cukup untuk kelas tablet produk lokal mungkin akan lebih baik jika menggunakan speaker external atau headset yang berkualitas bagus ;-).

Berikut gambar dari Tabulet Beat Duos  yang sudah di update frimwarenya dengan Ramos W17pro:

Warna casing asli Tabulet Beat Duos adalah abu-abu gelap sedangkan Ramos W17pro adalah putih. Berikut gambar Ramos W17Pro

Cara update rooting dan firmwarenya adalah sebagai berikut :
“Sekali lagi ini tidak saya anjurkan dan resiko ditanggung sendiri”
File yang dibutuhkan adalah W17Pro_0806_Official_MarketFix_Root_F&L_Superstore.zip yang bisa di unduh dari sini tetapi kita bisa menggunakan firmware yang lain dari sini atau disini.

  1. Backup aplikasi dan data yang ada sebelumnya bisa menggunakan aplikasi android Titanium atau yang sejenisnya.
  2. Kalau sudah di download maka extarct pada sebuah sd-card, saya sarankan yang kosong dan diletakkan tidak dalam folder, minimal kapasitas 1G.
  3. Selanjutnya matikan Tabulet Beat Duos.
  4. Masukan sd-card ke slot sd-card pada Tabulet Beat Duos.
  5. Tekan tombol volume yang minus (-) dan secara bersamaan tekan tombol power hingga muncul gambar robot ijo android dengan animasi di tengah badannya, lepaskan kedua tombol.
  6. Proses update sedang berlangsung.
  7. Tunggu hingga tanda semacam loding bar dibawah robot ijo selesai dan biasanya langsung restart.
  8. Sekali lagi ini tidak saya anjurkan dan resiko ditanggung sendiri.

Firmware yang digunakan sudah termasuk root jadi tidak perlu dilakukan rooting lagi selain itu Tabulet Beat Duo akan dikenali sebagai Samsung Galaxy Tab 2.  Jika ingin menggunakan firmware atau ingin di root  maka dapat membaca cara dari link yang saya berikan secara lengkap ;-) jadi cara rootingnya menggunakan cara rooting Ramos W17pro.

Untuk modem 3G Usb yang di suport diantaranya :

Network standards

Model

Model ID

Manufacturers

EVDO

EC122

EC122

Huawei

WCDMA

E261

E261

Huawei

WCDMA

MF637U

MF637U

ZTE

WCDMA

MF110

MF100

ZTE

WCDMA

E1820

E1820

Huawei

WCDMA

E220

E220

Huawei

WCDMA

E1750

E1750

Huawei

Sumber data modem 3G usb  dari situs Ramos W17pro

Forum buat Tabulet di kaskus disini
Lounge Kaskus untuk Ramos W17Pro disini
Forum Luar disini dari Slatedroid tentang Ramos W17pro

===UPDATE 24 09 2012===

Setelah saya cek ulang ternyata firmware dari Ramos W17Pro tidak mendukung port HDMI yang dimiliki oleh tabulet beat duos, trims buat mas Roniruhyana yang sudah berkomentar dan mengingatkan saya bahwa tabulet beat duos memiliki HDMI port beda dengan Ramos W17Pro. Tanpa disengaja saya coba googling dan alhasil saya berhasil menjalankan aplikasi HDMIswitch seperti yang dimiliki pada firmware resmi tabulet beat duos, cerita lengkapnya ada pada komen saya. berikut gambar aplikasi HDMIswitch berjalan pada firmware Ramos W17pro:

Shortcut aplikasi HDMIswitch berada disebelah kanan atas

Aplikasi HDMIswitch setelah dijalankan

Root check pada tabulet beat duos dengan firmware Ramos W17Pro .

Untuk langkah – langkah lengkap memasukkan HDMISwitch pada firmware Ramos W17Pro “mohon maaf” akan saya posting disini setelah saya mencoba apakah aplikasi ini berjalan dengan sempurna ketika di hubungkan dengan perangkat HDMI, harap maklum saya tidak memiliki perangkat HDMI untuk melakukan uji coba ;-), tetapi dari komen saya mungkin sudah sebagian menggambarkan langkah yang saya lakukan.

9 thoughts on “Rooting Tabulet Beat Duos

  1. risvhal says:

    mas, ROM d atas udah saya coba dan lumayan bagus, tapi kok panas ya ? apa kinerja procie di buat max.. saya ada pertanyaan.. saya ada modem EC 1261 sama ec156, dua2nya kebaca di tabulet duos saya dengan tanda adanya sinyal, cara koneksinya/seting APN dmna? sudah saya coba pakai PPP widget tetap tidak mau konek, bahkan telephony.db di database sudah saya ubah juga..
    Btw menu APN kok hilang ya, adanya pas install ROM baru, modem d tancap langsung hilang.
    Terima kasih mas

  2. roniruhyana says:

    mau tanya gan klo memang rooting tabulet duos pake pake ramos w17 berhasil, bagaimana dengan aplikasi dan port hdmi nya, apakah masih ada, mengingat di ramos w17 tdk ad port hdmi sedangkan di tabulet duos ada..
    ditunggu ya blsnnya ke email ane..
    tks..

  3. zoel says:

    @Risvhal, trims sudah berkunjung…;-), sejauh ini memang saya juga merasakan ada panas tetapi menurut saya masih normal dibanding panas bawaan ROM resmi (“menurut saya loh”) dan ini saya rasakan jika digunakan ketika bermain aplikasi2 berat ;-) kalau liat di beberapa forum memang kabarnya ROM ramos yang ini menaikan sedikit kecepatan procie…mungkin bisa di coba dengan firm lainya silahkan di cek pada link forum yang saya sertakan. Untuk masalah APN modem nanti akan saya jawab setelah saya coba dengan modem USB ;-) kebetulan saya menggunakan wifi selama ini

  4. zoel says:

    @Roniruhyana : Trims sudah berkunjung ..terus terang saya juga kaget ternyata ramos w17pro tidak punya HDMI…;-) ternyata saya kurang teliti karena saya fokus kepersamaan procie dan gpunya saja serta case dari keduanya. Secara firmware/ROM saya sudah berhasil memasukkanya pada beat duos dan berjalan lancar serta kemampuan root berjalan dengan baik sejauh ini. Iseng – iseng saya coba masukkan paket HDMIswitch dari ROM tabulet resmi ke dalam system Ramos yang saya gunakan di awal memang tidak berjalan selanjutnya saya coba googling ternyata menemukan sebuah paket HDMIswitch APK yang saya tidak tau itu diperuntukkan untuk ROM apa, sekedar nekat saya coba install tapi sebelumnya saya menghapus semua file-file HDMIswicth dari ROM resmi yang saya masukkan ke dalam Ramos alhasil installasi APK berjalan dan sukses selanjutnya ketika di coba untuk menjalankan aplikasi tiba2 error tidak bisa digunakan, dugaan saya ada ketidak cocokan file library dan saya cek pada library ROM ramos ternyata file lib pendukung HDMI tidak ada, selanjutnya saya coba copykan kembali file library HDMI dari ROM resmi tabulet dan saya coba kembali jalankan dan berhasil muncul menu panel HDMI cuman karena saya tidak memiliki perangkat HDMI saya tidak bisa mencobanya ….sementara itu dulu info dari saya sekedar screen shot aplikasi HDMI pada beat duos dapat dilihat di posting saya ;-)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>