BeagleBone Black (BBB)

beaglebone_black1

Selain Raspberry Pi dan Cubieboard seperti tulisan saya yang sebelumnya “Apa itu raspberry pi dan Cubieboard?” ada satu lagi SoC board yang terkenal didunia yaitu BeagleBone Black (BBB) , Dibekali dengan prosesor SoC  seri TI Sitara AM335x dari Texas Instrument dan sudah termasuk dalam  ARM tipe Coretex-A8, BBB di produksi oleh perusahan Beagleboard yang sebelumnya mengeluarakan Beaglebone yang merupakan versi high cost sedangakan BBB sendiri adalah versi low cost-nya.

BBB memiliki memori internal sebesar 512M masih separuh dari memori Cubieboard dan prosesor yang lebih tangguh dari Raspberry Pi , jadi bisa kita bilang BBB berada diantara Raspi dan CB spesifikasinya.  Buatan pabrika dari US membuat nilai lebih dari board ini dibanding CB yang dari CN. Jika kita membaca berita-berita di online maka BBB bisa dikatakan pesaing berat dari Raspi ketimbang CB. OS on-board (NAND) sangat membantu kita, jadi tanpa sebuah microsdcard kita sudah bisa mengoprasikan BBB dengan OS defaultnya yaitu Angstrom ARM Linux Distribution. Ubuntu tipe ARM atau sering disebut Linaro juga sudah bisa berjalan lancara pada BBB dan ini membuat nilai lebih juga bagi kita yang mau menggunakan SoC sebagai mini desktop pc. Dukungan GPIO (2x 46 pin headers) yang berlimpah sangat menunjang bagi mereka yang ingin bereksperimen dengan project-project embbedded systems.

Beberaoa detail dari BeagleBone Black  :

  • 1 GHz superscalar ARM Cortex-A8 AM3359
  • 512 MB DDR3 RAM
  • On-board 2 GB eMMC flash, preloaded with Angstrom ARM Linux Distribution
  • MicroSD slot for additional user data or operating systems (no card supplied)
  • USB 2.0 type A host port
  • Dedicated single mini-USB 2.0 client port (no additional 2-port hub)
  • New micro-HDMI audio/visual output
  • USB-to-serial and USB-to-JTAG interfaces removed (available on expansion headers)
  • Power expansion header for backlight removed, battery charging moved onto pads
  • Lower power consumption of 210-460 mA at 5
  • Rj45 LAN port.

Sisi bawah BBB :beaglebone_blank2

Kekurangan yang sangat membuat BBB jadi kurang dilirik di negara kita adalah harganya yang masih reliatif mahal diatas Raspi dan diperlukan konverter microHDMI ke VGA aktif yang harganya juga masih relatif mahal kecuali kita memiliki dispaly tipe  HDMI  mungkin bisa menggunakan konverter microHDMI ke HDMI  yang lebih murah dari  konverter microHDMI ke VGA aktif.  Ketersediaan sources untuk melakukan riset terhadap BBB bisa dikatakan cukup dari pada CB tapi masih kalah banyak jikadi bandingkan dengan Raspi, hal ini juga menjadi bahan pertimbangan  sebelum mencoba BBB.

beaglebone_black3

Kesimpulan :
BeagleBone Black (BBB) cocok untuk mereka  yang membutuhkan  kinerja lebih tinggi dari raspi tetapi dengan dana yang lebih rendah dibawah CB. Jika  aplikasi kita dirasa kurang optimal dari sisi kemampuan prosesornya tetapi dengan memory 512M sudah cukup maka BBB juga menjadi pilihan yang tepat. Ingin menikmati mini desktop PC bisa menggunakan BBB selain CB.

Peranala luar:
BeagleBone Black
BeagleBone
Cortex-A8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>